Kata "iklan" berasal dari bahasa Belanda "reclame" yang artinya "pengumuman".
Iklan televisi pertama di Indonesia disiarkan pada tahun 1962 oleh TVRI.
Menurut survei, iklan dengan durasi 30 detik lebih efektif daripada iklan dengan durasi yang lebih panjang.
Iklan pertama yang menggunakan selebriti sebagai brand ambassador di Indonesia adalah iklan rokok dengan bintang film Wolly Sutinah pada tahun 1960-an.
Iklan di Indonesia sangat dipengaruhi oleh budaya populer seperti musik, film, dan humor.
Iklan televisi paling mahal di Indonesia adalah iklan yang ditayangkan selama siaran sepak bola.
Indonesia memiliki beberapa iklan yang terkenal di dunia seperti iklan Djarum Super "My Great Adventure" dan iklan Indomie "Slurp".
Menurut hukum di Indonesia, iklan harus jelas dan jujur dalam memberikan informasi tentang produk atau layanan.
Iklan online di Indonesia semakin populer dengan lebih dari 100 juta pengguna internet aktif di negara ini.
Indonesia memiliki sejumlah besar agensi periklanan yang berkembang pesat dan telah meraih penghargaan internasional seperti Cannes Lions dan D&AD Awards.