Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, terdapat lebih dari 64 juta usaha kecil dan menengah di Indonesia.
Sekitar 90 persen usaha di Indonesia masih berbentuk usaha kecil dan menengah.
Usaha kecil dan menengah memberikan kontribusi sebesar 60 persen terhadap PDB Indonesia.
Usaha kecil dan menengah di Indonesia menciptakan lapangan kerja bagi sekitar 97 persen tenaga kerja.
Sekitar 23 persen usaha kecil dan menengah di Indonesia dimiliki oleh perempuan.
Sebagian besar usaha kecil dan menengah di Indonesia bergerak di sektor perdagangan, jasa, dan manufaktur.
Mayoritas usaha kecil dan menengah di Indonesia masih menggunakan teknologi yang sederhana dan tradisional.
Sekitar 92 persen usaha kecil dan menengah di Indonesia masih menggunakan modal sendiri sebagai sumber pendanaan.
Indonesia memiliki program pemerintah yang khusus mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah, seperti program KUR (Kredit Usaha Rakyat).
Beberapa usaha kecil dan menengah di Indonesia telah berhasil meraih pengakuan internasional, seperti produk makanan dan minuman seperti sate, nasi goreng, dan kopi.